Selasa, 24 April 2012

Aneka ragam Jenis Kebaya



Kebaya merupakan pakaian tradisional yang digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya para perempuan. Pada jaman dahulu kebaya sangat trend digunakan, terutama oleh wanita bangsawan. Hingga saat ini kepopuleran kebaya tak kunjung redup, bahkan semakin berkembang. Tapi tahukah Anda tentang macam-macam kebaya sesuai jenisnya? Seperti dikutip dari penjahitkebaya.com, berikut adalah macamnya.
Kebaya Chiffon
Chiffon, sebuah bahan yang sangat lembut, halus, transparan, mengikuti bentuk badan. Kain ini sangat tidak disarankan untuk digunakan oleh orang yang berbadan gemuk.
Kebaya Tule
Kain ini dipakai untuk pengantin ataupun penari ballet, kain kebaya ini sering digunakan sebagai sebuah kombinasi untuk sebuah busana yang lebih modern, contohnya saja untuk sebuah aksen di bagian leher, pergelangan tangan, dan ujung-ujung baju. aksen ini memang dilakukan dengan cara mengerutkan sebuah kain agar menumpuk di satu bagian saja.
Kebaya Lace atau Brokat
Kain brokat yang sangat glamor ini digunakan sebagai bahan kebaya. Brokat ini diproduksi dari Prancis, tapi di India dan Indonesia mampu memproduksi dengan kualitas yang bagus.Aplikasi tambahan yang dapat menyemarakan kebaya, seperti adanya payet, beads, Anda tidak perlu membeli kain brokat yang mahal lagi. Pola brokat sendiri berkisar pada motif floral dan orang dikit menggunakan motif abstrak.
Kebaya Silk dan Sutera
Sutra ternyata dibagi dua jenis; pertama dari serat alam, dan dari kepompong ulat sutera, satunya lagi adalah sebuah sutera buatan. Sifat kain ini sangat lembut dan sangat tahan lama, sutera menjadi pilihan untuk beraneka macam busana. Kain sutera banyak diaplikasikan sebagai corak batik tradisional.
Kebaya Tenun / Sarung
Tahukan Kamu ternyata Indonesia sangatlah kaya dengan beraneka ragam macam kain tenun mulai dari berbagai daerah, seperti kain tapis lampung, songket dari Palembang, Ulos dari Batak, dan sebagainya. Kain tenun ini memiliki sebuah keunikan tersendiri. Seperti memadukan kebaya dengan beraneka jenis kain tenun akan membuat penampilan kita semakin anggun, etnik dan juga menarik.
Kebaya Organza atau Organdi
Sebuah tekstur soft, shiny. Bentuknya yang cocok bisa menimbulkan sebuah efek volume atau puffy. Tekstur warnanya sendiri memang memberikan kesan mahal dan juga cocok untuk pesta ataupun gaun.
Semoga batik buatan anak negeri tidak akan mati di telan massa.  

sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar